RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Sekolah : MA Nurul Jannah NW Ampenan

Mata Pelajaran : Ekonomi

Kelas/Semester : X / Ganjil

Materi Pokok : Konsep Dasar Ilmu Ekonomi

Alokasi Waktu : 3 Minggu x 3 Jam Pelajaran @45 Menit


Kompetensi inti

KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.

KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan


Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator


3.1 Mendeskripsikan konsep ilmu ekonomi. 

Memahami pengertian ilmu ekonomi

Mengidentifikasi masalah ekonomi (kelangkaan/scarcity dan kebutuhan yang relatif tidak terbatas)

Memahami konsep pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas

Memahami kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan

Memahami konsep biaya peluang (opportunity cost)

Memahami konsep prinsip ekonomi

Memahami konsep motif ekonomi

Memahami pembagian ilmu ekonomi

Memahami konsep ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah)


4.1 Mengidentifikasi kelangkaan dan biaya peluang dalam memenuhi kebutuhan. 

Menyajikan hasil identifikasi  tentang konsep ilmu ekonomiberdasarkan data/informasi dari berbagai sumber belajar yang relevan



Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

Memahami pengertian ilmu ekonomi

Mengidentifikasi masalah ekonomi (kelangkaan/scarcity dan kebutuhan yang relatif tidak terbatas)

Memahami konsep pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas

Memahami kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan

Memahami konsep biaya peluang (opportunity cost)

Memahami konsep prinsip ekonomi

Memahami konsep motif ekonomi

Memahami pembagian ilmu ekonomi

Memahami konsep ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah)

Menyajikan hasil identifikasi  tentang konsep ilmu ekonomiberdasarkan data/informasi dari berbagai sumber belajar yang relevan


Materi Pembelajaran

Konsep Dasar Ilmu Ekonomi

Pengertian ilmu ekonomi

Masalah ekonomi (Kelangkaan/scarcitydan kebutuhan yang relatif tidak terbatas)

Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas

Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan

Biaya peluang (opportunity cost)

Prinsip ekonomi

Motif ekonomi

Pembagian ilmu ekonomi

Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah)


Metode Pembelajaran

Model Pembelajaran : Discovery Learning

Metode : Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran


Media Pembelajaran

Media : 

Worksheet atau lembar kerja (siswa)

Lembar penilaian

LCD Proyektor


Alat/Bahan :

Penggaris, spidol, papan tulis

Laptop & infocus


Sumber Belajar

Buku Ekonomi Siswa Kelas X, Kemendikbud, Tahun 2016

Buku refensi yang relevan, 

Lingkungan setempat


Langkah-Langkah Pembelajaran

1.

Pertemuan Ke-1 (3 x 45 Menit)


Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)


Guru :


Orientasi


● 

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran


● 

Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin


● 

Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.


Aperpepsi


● 

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya 


● 

Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. 


● 

Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.


Motivasi


● 

Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.


● 

Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :


 

Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas


 

Ø Pengertian ilmu ekonomi

Ø Masalah ekonomi (Kelangkaan/scarcitydan kebutuhan yang relatif tidak terbatas)

Ø Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas


● 

Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung


● 

Mengajukan pertanyaan


Pemberian Acuan


● 

Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.


● 

Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung


● 

Pembagian kelompok belajar


● 

Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.


Kegiatan Inti ( 105 Menit )


Sintak Model Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran


Stimulation

(stimullasi/ 

pemberian 

rangsangan)

KEGIATAN LITERASI



Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas dengan cara :



Melihat (tanpa atau dengan Alat)



 

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.



Mengamati



Lembar kerja materi Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas



Pemberian contoh-contoh materi Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb



Membaca.



 

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas



Menulis



 

Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas



Mendengar



 

Pemberian materi Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas oleh guru.



Menyimak



 

Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :



 

Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas



 

Ø Pengertian ilmu ekonomi

Ø Masalah ekonomi (Kelangkaan/scarcitydan kebutuhan yang relatif tidak terbatas)

Ø Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas



 

untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.


Problem 

statemen 

(pertanyaan/

identifikasi 

masalah)

 

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)



Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :



Mengajukan pertanyaan tentang materi :



 

Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas



 

Ø Pengertian ilmu ekonomi

Ø Masalah ekonomi (Kelangkaan/scarcitydan kebutuhan yang relatif tidak terbatas)

Ø Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas



yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. 


Data 

collection 

(pengumpulan 

data)

KEGIATAN LITERASI



Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:



Mengamati obyek/kejadian



 

Mengamati dengan seksama materi Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.



Membaca sumber lain selain buku teks



 

Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas yang sedang dipelajari.



Aktivitas



 

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas yang sedang dipelajari.



Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber



 

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.



 

 



COLLABORATION (KERJASAMA)



Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:



Mendiskusikan



 

Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas



Mengumpulkan informasi



 

Mencatat semua informasi tentang materi Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.



Mempresentasikan ulang



 

Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas sesuai dengan pemahamannya.



Saling tukar informasi tentang materi :



 

Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas



 

Ø Pengertian ilmu ekonomi

Ø Masalah ekonomi (Kelangkaan/scarcitydan kebutuhan yang relatif tidak terbatas)

Ø Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas



dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.


Data 

processing 

(pengolahan 

Data) 

COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)



Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :



Berdiskusi tentang data dari Materi :



 

Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas



 

Ø Pengertian ilmu ekonomi

Ø Masalah ekonomi (Kelangkaan/scarcitydan kebutuhan yang relatif tidak terbatas)

Ø Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas



Mengolah informasi dari materi Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.



Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas


Verification (pembuktian) 

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)



Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :



Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :



 

Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas



 

Ø Pengertian ilmu ekonomi

Ø Masalah ekonomi (Kelangkaan/scarcitydan kebutuhan yang relatif tidak terbatas)

Ø Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas



antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.


Generalization (menarik kesimpulan) 

COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)



Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan



Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.



Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :



 

Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas



 

Ø Pengertian ilmu ekonomi

Ø Masalah ekonomi (Kelangkaan/scarcitydan kebutuhan yang relatif tidak terbatas)

Ø Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas



Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.



Bertanya atas presentasi tentang materi  Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.



 

 



CREATIVITY (KREATIVITAS)



Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : 



 

Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :



 

Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas



 

Ø Pengertian ilmu ekonomi

Ø Masalah ekonomi (Kelangkaan/scarcitydan kebutuhan yang relatif tidak terbatas)

Ø Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas



Menjawab pertanyaan tentang materi  Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.



Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas yang akan selesai dipelajari



Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.


Catatan : Selama pembelajaran  Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan


Kegiatan Penutup (15 Menit)


Peserta didik :


● 

Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi  Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas yang baru dilakukan.


● 

Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran  Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas yang baru diselesaikan.


● 

Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.


Guru :


● 

Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran  Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas


● 

Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas 


● 

Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran  Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.







2.

Pertemuan Ke-2 (3 x 45 Menit)


Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)


Guru :


Orientasi


● 

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran


● 

Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin


● 

Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.


Aperpepsi


● 

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya 


● 

Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. 


● 

Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.


Motivasi


● 

Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.


● 

Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :


 

Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi


 

Ø Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan

Ø Biaya peluang (opportunity cost)

Ø Prinsip ekonomi


● 

Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung


● 

Mengajukan pertanyaan


Pemberian Acuan


● 

Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.


● 

Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung


● 

Pembagian kelompok belajar


● 

Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.


Kegiatan Inti ( 105 Menit )


Sintak Model Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran


Stimulation

(stimullasi/ 

pemberian 

rangsangan)

KEGIATAN LITERASI



Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi dengan cara :



Melihat (tanpa atau dengan Alat)



 

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.



Mengamati



Lembar kerja materi Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi



Pemberian contoh-contoh materi Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb



Membaca.



 

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi



Menulis



 

Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi



Mendengar



 

Pemberian materi Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi oleh guru.



Menyimak



 

Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :



 

Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi



 

Ø Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan

Ø Biaya peluang (opportunity cost)

Ø Prinsip ekonomi



 

untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.


Problem 

statemen 

(pertanyaan/

identifikasi 

masalah)

 

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)



Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :



Mengajukan pertanyaan tentang materi :



 

Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi



 

Ø Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan

Ø Biaya peluang (opportunity cost)

Ø Prinsip ekonomi



yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. 


Data 

collection 

(pengumpulan 

data)

KEGIATAN LITERASI



Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:



Mengamati obyek/kejadian



 

Mengamati dengan seksama materi Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.



Membaca sumber lain selain buku teks



 

Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi yang sedang dipelajari.



Aktivitas



 

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi yang sedang dipelajari.



Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber



 

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.



 

 



COLLABORATION (KERJASAMA)



Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:



Mendiskusikan



 

Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi



Mengumpulkan informasi



 

Mencatat semua informasi tentang materi Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.



Mempresentasikan ulang



 

Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi sesuai dengan pemahamannya.



Saling tukar informasi tentang materi :



 

Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi



 

Ø Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan

Ø Biaya peluang (opportunity cost)

Ø Prinsip ekonomi



dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.


Data 

processing 

(pengolahan 

Data) 

COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)



Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :



Berdiskusi tentang data dari Materi :



 

Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi



 

Ø Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan

Ø Biaya peluang (opportunity cost)

Ø Prinsip ekonomi



Mengolah informasi dari materi Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.



Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi


Verification (pembuktian) 

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)



Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :



Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :



 

Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi



 

Ø Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan

Ø Biaya peluang (opportunity cost)

Ø Prinsip ekonomi



antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.


Generalization (menarik kesimpulan) 

COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)



Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan



Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.



Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :



 

Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi



 

Ø Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan

Ø Biaya peluang (opportunity cost)

Ø Prinsip ekonomi



Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.



Bertanya atas presentasi tentang materi  Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.



 

 



CREATIVITY (KREATIVITAS)



Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : 



 

Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :



 

Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi



 

Ø Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan

Ø Biaya peluang (opportunity cost)

Ø Prinsip ekonomi



Menjawab pertanyaan tentang materi  Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.



Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi yang akan selesai dipelajari



Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.


Catatan : Selama pembelajaran  Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan


Kegiatan Penutup (15 Menit)


Peserta didik :


● 

Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi  Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi yang baru dilakukan.


● 

Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran  Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi yang baru diselesaikan.


● 

Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.


Guru :


● 

Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran  Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi


● 

Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas 


● 

Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran  Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.







3.

Pertemuan Ke-3 (3 x 45 Menit)


Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)


Guru :


Orientasi


● 

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran


● 

Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin


● 

Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.


Aperpepsi


● 

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya 


● 

Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. 


● 

Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.


Motivasi


● 

Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.


● 

Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :


 

Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah), 


 

Ø Motif ekonomi

Ø Pembagian ilmu ekonomi

Ø Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah)


● 

Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung


● 

Mengajukan pertanyaan


Pemberian Acuan


● 

Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.


● 

Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung


● 

Pembagian kelompok belajar


● 

Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.


Kegiatan Inti ( 105 Menit )


Sintak Model Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran


Stimulation

(stimullasi/ 

pemberian 

rangsangan)

KEGIATAN LITERASI



Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah),  dengan cara :



Melihat (tanpa atau dengan Alat)



 

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.



Mengamati



Lembar kerja materi Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah), 



Pemberian contoh-contoh materi Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah),  untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb



Membaca.



 

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah), 



Menulis



 

Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah), 



Mendengar



 

Pemberian materi Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah),  oleh guru.



Menyimak



 

Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :



 

Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah), 



 

Ø Motif ekonomi

Ø Pembagian ilmu ekonomi

Ø Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah)



 

untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.


Problem 

statemen 

(pertanyaan/

identifikasi 

masalah)

 

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)



Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :



Mengajukan pertanyaan tentang materi :



 

Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah), 



 

Ø Motif ekonomi

Ø Pembagian ilmu ekonomi

Ø Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah)



yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. 


Data 

collection 

(pengumpulan 

data)

KEGIATAN LITERASI



Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:



Mengamati obyek/kejadian



 

Mengamati dengan seksama materi Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah),  yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.



Membaca sumber lain selain buku teks



 

Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah),  yang sedang dipelajari.



Aktivitas



 

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah),  yang sedang dipelajari.



Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber



 

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah),  yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.



 

 



COLLABORATION (KERJASAMA)



Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:



Mendiskusikan



 

Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah), 



Mengumpulkan informasi



 

Mencatat semua informasi tentang materi Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah),  yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.



Mempresentasikan ulang



 

Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah),  sesuai dengan pemahamannya.



Saling tukar informasi tentang materi :



 

Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah), 



 

Ø Motif ekonomi

Ø Pembagian ilmu ekonomi

Ø Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah)



dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.


Data 

processing 

(pengolahan 

Data) 

COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)



Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :



Berdiskusi tentang data dari Materi :



 

Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah), 



 

Ø Motif ekonomi

Ø Pembagian ilmu ekonomi

Ø Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah)



Mengolah informasi dari materi Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah),  yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.



Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah), 


Verification (pembuktian) 

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)



Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :



Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :



 

Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah), 



 

Ø Motif ekonomi

Ø Pembagian ilmu ekonomi

Ø Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah)



antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.


Generalization (menarik kesimpulan) 

COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)



Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan



Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah),  berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.



Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :



 

Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah), 



 

Ø Motif ekonomi

Ø Pembagian ilmu ekonomi

Ø Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah)



Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah),  dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.



Bertanya atas presentasi tentang materi  Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah),  yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.



 

 



CREATIVITY (KREATIVITAS)



Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : 



 

Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :



 

Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah), 



 

Ø Motif ekonomi

Ø Pembagian ilmu ekonomi

Ø Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah)



Menjawab pertanyaan tentang materi  Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah),  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.



Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah),  yang akan selesai dipelajari



Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah),  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.


Catatan : Selama pembelajaran  Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah),  berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan


Kegiatan Penutup (15 Menit)


Peserta didik :


● 

Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi  Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah),  yang baru dilakukan.


● 

Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran  Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah),  yang baru diselesaikan.


● 

Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.


Guru :


● 

Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran  Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah), 


● 

Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas 


● 

Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran  Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah),  kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.




Penilaian Hasil Pembelajaran

Teknik Penilaian (terlampir)

Sikap

Penilaian Observasi

Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap

No

Nama Siswa

Aspek Perilaku yang Dinilai

Jumlah Skor

Skor Sikap

Kode Nilai




BS

JJ

TJ

DS





1

Soenarto

75

75

50

75

275

68,75

C


2


...

...

...

...

...

...

...




Keterangan :

BS : Bekerja Sama

JJ : Jujur

TJ : Tanggun Jawab

DS : Disiplin


Catatan :

1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:

100 = Sangat Baik

75 = Baik

50 = Cukup

25 = Kurang

2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400

3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75

4. Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00 = Baik (B)

25,01 – 50,00 = Cukup (C)

00,00 –  25,00 = Kurang (K)

5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai


Penilaian Diri

Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :

No

Pernyataan

Ya

Tidak

Jumlah Skor

Skor Sikap

Kode Nilai


1

Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan.

50


250

62,50

C


2

Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.


50





3

Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.

50






4

...

100







Catatan :

1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50

2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400

3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50

4. Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00 = Baik (B)

25,01 – 50,00 = Cukup (C)

00,00 –  25,00 = Kurang (K)

5. Format di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan


Penilaian Teman Sebaya

Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman sebaya :


Nama yang diamati : ...

Pengamat : ...


No

Pernyataan

Ya

Tidak

Jumlah Skor

Skor Sikap

Kode Nilai


1

Mau menerima pendapat teman.

100


450

90,00

SB


2

Memberikan solusi terhadap permasalahan.

100






3

Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok.


100





4

Marah saat diberi kritik.

100






5

...


50






Catatan :

1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100

2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500

3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00

4. Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00 = Baik (B)

25,01 – 50,00 = Cukup (C)

00,00 –  25,00 = Kurang (K)


Penilaian Jurnal (Lihat lampiran)


Pengetahuan

Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran)

Tes Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan

Praktek Monolog atau Dialog

Penilaian Aspek Percakapan

No

Aspek yang Dinilai

Skala

Jumlah Skor

Skor Sikap

Kode Nilai




25

50

75

100





1

Intonasi









2

Pelafalan









3

Kelancaran









4

Ekspresi









5

Penampilan









6

Gestur










Penugasan (Lihat Lampiran)

Tugas Rumah

a. Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik

b. Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik

c. Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.


Keterampilan

Penilaian Unjuk Kerja

Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:


Instrumen Penilaian

No

Aspek yang Dinilai

Sangat 

Baik 

(100)

Baik 

(75)

Kurang 

Baik 

(50)

Tidak 

Baik 

(25)


1

Kesesuaian respon dengan pertanyaan






2

Keserasian pemilihan kata






3

Kesesuaian penggunaan tata bahasa






4

Pelafalan







Kriteria penilaian (skor)

100 = Sangat Baik

75 = Baik

50 = Kurang Baik

25 = Tidak Baik

Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)


Instrumen Penilaian Diskusi

No

Aspek yang Dinilai

100

75

50

25


1

Penguasaan materi diskusi






2

Kemampuan menjawab pertanyaan






3

Kemampuan mengolah kata






4

Kemampuan menyelesaikan masalah







Keterangan :

100 = Sangat Baik

75 = Baik

50 = Kurang Baik

25 = Tidak Baik


Penilaian Proyek (Lihat Lampiran)

Penilaian Produk (Lihat Lampiran)

Penilaian Portofolio

Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll


Instrumen Penilain

No

Aspek yang Dinilai

100

75

50

25


1







2







3







4








Instrumen Penilaian (terlampir)

Pertemuan Pertama

Pertemuan Kedua

Pertemuan Ketiga


Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

Remedial

Bagi peserta didik yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan soal tambahan misalnya sebagai berikut :

Jelaskan tentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!

Jelaskan tentang Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian!

Jelaskan tentang Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan!


CONTOH PROGRAM REMIDI


Sekolah : ……………………………………………..

Kelas/Semester : ……………………………………………..

Mata Pelajaran : ……………………………………………..

Ulangan Harian Ke : ……………………………………………..

Tanggal Ulangan Harian : ……………………………………………..

Bentuk Ulangan Harian : ……………………………………………..

Materi Ulangan Harian : ……………………………………………..

(KD / Indikator) : ……………………………………………..

KKM : ……………………………………………..


No

Nama Peserta Didik

Nilai Ulangan

Indikator yang Belum Dikuasai

Bentuk Tindakan Remedial

Nilai Setelah Remedial

Keterangan


1








2








3








4








5








6








dst









Pengayaan

Guru memberikan nasihat agar tetap rendah hati, karena telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru memberikan soal pengayaan sebagai berikut :

Membaca buku-buku tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang relevan. 

Mencari informasi secara online tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

Membaca surat kabar, majalah, serta berita online tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

Mengamati langsung tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang ada di lingkungan sekitar.


 



Mataram, 25 Juli 2023

Mengetahui :

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,



Ramli Ahmad, QH, S.H.I Iskandar Zulkarnaen, S.E

NIP/NRK. NIP/NRK.


Catatan Kepala Sekolah

............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................


Comments

Popular posts from this blog

SEJARAH MA NURUL JANNAH NWDI AMPENAN